Monday, 18-Dec-2017

Agenda PDGI

ARTICLE PDGI

Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Herbal

Posted 2013-09-06 | Tim IT PDGI

Tahukah Anda bahwa di dalam mulut manusia, terdapat setidaknya 700 bakteri berbeda yang hidup berkoloni serta tinggal silih berganti dibagian mulut mulai dari gigi, gusi, bibir hingga lidah? Sayangnya, sebanyak 61.5% dari penduduk Indonesia tidak mengetahui cara menyikat gigi yang baik - setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Padahal dengan bersikat gigi, penyakit karang gigi dan gigi berlubang yang disebabkan penumpukkan bakteri dan plak pada gigi dapat terhindari.

 
Berdasarkan Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2004 lalu, dewasa ini penyakit karies gigi dan periodontal telah dialami oleh sekitar 90% masyarakat indonesia. Hal itu terjadi karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat minim.


Tentunya, usaha pencegahan bisa dilakukan dengan cara mudah yakni dengan memilih pasta gigi yang sesuai. Salah satunya, memilih pasta gigi yang memiliki formulasi lebih lembut, diperkaya oleh kombinasi bahan alami (ekstrak daun sirih, garam dan jeruk nipis) dan bahan yang diproses secara ilmiah (calcium & fluoride) untuk gigi tetap kuat, gusi tetap sehat, dan mulut tetap segar.


Manfaat bahan herbal yang terkandung dalam antara lain; garam dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Ekstrak daun sirih sudah dikenal masyarakat sebagai bahan alami anti kuman agar gigi dan mulut tetap sehat. Demikian pula dengan jeruk nipis yang dipercaya dapat membantu memberikan rasa segar pada mulut.


Perlu diingat menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan memiliki kesehatan tubuh seutuhnya dapat meningkatkan kepercayaan diri kita terutama pada saat berinteraksi dengan orang lain.

 

Sumber : tanyapepsodent.com