Monday, 18-Dec-2017

Agenda PDGI

ARTICLE PDGI

Kesehatan Gigi dan Mulut

Posted 2013-05-14 | Dwi Andriani, drg.

Gigi merupakan bagian penting dalam sistem pencernaan, berguna untuk mengunyah makanan sebelum ditelan dan masuk ke kerongkongan. Untuk itu kesehatan gigi dan mulut harus selalu di jaga agar proses pencernaan dapat berjalan dengan baik dan asupan zat makanan ke tubuh manusia dapat tercapai.

A.    ANATOMI DAN STRUKTUR GIGI

Jenis Gigi menurut bentuknya, gigi manusia termasuk jenis heterodontal karena gigi geliginya memiliki berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda.

Empat jenis gigi geligi manusia adalah :

1.    Gigi Inisif atau Gigi Seri : Berfungsi untuk memotong atau mengiris makanan.

2.    Gigi Kaninus atau Gigi Taring : Berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan.

3.    Gigi Premolar atau Gigi Geraham Kecil : Berfungsi untuk membantu menghaluskan makanan.

4.    Gigi Molar atau Gigi Geraham Besar : Berfungsi untuk menggiling makanan.

Gigi geligi manusia berjumlah 32 buah, yang terbagi atas : 16 buah gigi di rahang atas dan 16 buah gigi di rahang bawah.

B.    BAGIAN GIGI

Gigi terdiri dari dua bagian besar, yaitu :

1.    Mahkota Gigi, yang diselubungi oleh lapisan email.

2.    Akar Gigi, yang diselubungi oleh lapisan sementum.

Secara klinis atau yang tampak oleh mata, mahkota gigi adalah bagian gigi yang berada di atas area perlekatan gusi. Sementara secara anatomis batas mahkota gigi masih diteruskan berada di bawah area perlekatan gusi. Panjang mahkota gigi yang tampak oleh mata sangat bervariasi, tergantung letak area perlekatan gusi.

C.    STRUKTUR GIGI

1.    Email

Merupakan lapisan terluar pada mahkota gigi dengan jaringan paling keras dan kuat karena memiliki kandungan anorganik 96%. Karena itu email berfungsi sebagai pelindung gigi dari sensitivitas panas atau dingin dan nyeri saat mengunyah. Akan tetapi, email tidak memiliki kemampuan regenerasi untuk mengganti bagian-bagian yang rusak sehingga bila terjadi kerusakan perlu dirawat dengan cara penambalan.

2.    Dentin

Terletak di bawah email pada mahkota gigi. Di dalam dentin terdapat pembuluh-pembuluh yang sangat halus, berfungsi menyalurkan rangsangan dari dentin  ke sel-sel saraf. Dentin memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi bila dihubungkan dengan jaringan pendukung gigi.

3.    Sementum

Merupakan lapisan terluar pada akar gigi yang membatasi gigi dengan jaringan pendukungnya. Berfungsi sebagai pelindung gigi pada bagian akar dan juga sebagai penyangga gigi terhadap jaringan pendukung sekitar gigi.

4.    Pulpa

Struktur gigi terdalam (di bawah dentin) berupa rongga yang penuh dengan sel saraf sensitif (cairan getah bening, pembuluh darah arteri dan vena, jaringan ikat) rangsangan mekanis-termis-kimia.

D.    MASA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN GIGI

Pertumbuhan gigi diawali dengan pembentukan gigi susu atau gigi sulung yang telah dimulai saat janin berusia 14 minggu dalam kandungan. Penting untuk diketahui bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu pada masa kehamilan agar bayi yang dilahirkan juga akan memiliki gigi yang sehat dan sempurna.

1.    Sebelum hamil

Memastikan bahwa ibu memiliki gigi dan gusi yang sehat sebelum masa kehamilan sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan komplikasi-komplikasi lainnya.

Secara teratur menjaga higiene mulut yang dimulai sebelum masa kehamilan sehingga perawatan rutin yang telah berjalan dengan baik tidak menjadi terganggu atau terputus pada bulan-bulan pertama kehamilan maupun setelah melahirkan. Hal ini perlu dilakukan mengingat kemungkinan bahwa pada masa awal setelah melahirkan, ibu akan lebih mudah lelah dan mungkin melupakan kebiasaan-kebiasaan rutin perawatan gigi dan mulut.

Apabila memungkinkan, kunjungi dokter gigi sebelum hamil. Kunjungan ke dokter gigi akan lebih mudah dilakukan sebelum atau sesudah ibu mengalami masa morning sickness (mual dan muntah-muntah pada saat kehamilan yang biasa terjadi di pagi hari).

2.    Masa Hamil

Menjaga asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, agar benih gigi pada bayi dalam kandungan terbentuk dengan sempurna.

Asupan nutrisi makanan yang diperlukan meliputi : karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Vitamin D, fluoride dan kalsium yang sangat diperlukan untuk membentuk atau membangun gigi dan tulang.



Sumber : http://www.materisekolah.com