Monday, 18-Dec-2017

Agenda PDGI

NEWS PDGI

Bakti sosial PDGI cabang Surabaya di Pesantren Anak Yatim Al-Bisri Surabaya

Posted 2015-06-07 / by humas

photo berita

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang, dan umat Islam telah menunggu saatnya untuk kembali berpuasa selama satu bulan penuh, karena bulan puasa merupakan bulan yang penuh ramhmat. Untuk dapat menjalankan ibadah puasa ini diperlukan kesiapan berupa kesehatan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, PDGI cabang Surabaya kembali menyelenggarkan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Pesantren Anak Yatim Al Bisri, Gunung Anyar, Surabaya, pada tanggal 6 Juni 2015. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak pesantren dan masyarakat sekitar, serta didukung oleh lebih kurang 40 dokter gigi.
Acara dimulai pada pukul 08.00, diawali dengan sambutan dari pengelola harian Pesantren, Bapak Miftakhul Choir, kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat-surat yang diikuti oleh anak-anak pesantren. " Pesantren Anak Yatim Al Bisri menampung 35 anak asuh dan 25 anak binaan. Sekarang ini, anak-anak yang dalam asuhannya ada yang masih pra-sekolah, sekolah dasar dan ada ada yang akan lulus sekolah menengah atas. Pagi ini belum tampak banyak anak-anak, dikarenakan ada yang masih ujian dan ada yang sedang merayakan kelulusan di sekolah. Namun demikian mereka akan mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia cabang Surabaya setelah kegiatan sekolah selesai", ujar pengurus harian pesantren ini.
Dalam sambutannya,Ketua PDGI cabang Surabaya, Dr Hendrik Setia Budi,drg,M.Kes, menjelaskan " sebagai organisasi yang membidangi kesehatan khususnya kesehatann gigi, PDGI cabang Surabaya juga ikut bertanggung jawab terhadap angka kesehatan gigi pada masyarakat. Dokter gigi tidak hanya sibuk dengan praktek pribadinya, tetapi juga harus memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya. Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan hari ini berupa penyuluhan, pemeriksaan angka kesehatan gigi, tindakan sederhana dan pemberian tali asih. Dengan melakukan kegiatan bakti sosial ini, diharapkan rasa kebersamaan antar dokter gigi dan juga dokter gigi dan masyarakat akan tetap terjalin dengan baik. Ucapan terima kasih disampaikan pula oleh bapak dua orang anak ini terhadap pengelola pesantren Al Bisri dan kepada Bank Syariah Mandiri atas dukungannya terhadap penyediaan obat-obat yang dibutuhkan dalam bakti sosial ini. Tidak lupa kepada pihak unilever (pepsodent) atas dukungannya dalam bentuk produk sikat dan pasta gigi ".
Kegiatan pengobatan gratis ini dimulai dengan pemberian penyuluhan kepada anak-anak tentang bagai cara menggosok gigi yang benar dan menjaga kesehatan gigi agar tidak mudah menjadi berlubang. Setelah penyuluhan kesehatan gigi, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sikat dan pasta gigi pepsodent. Hasil penyuluhan kesehatan gigi tampaknya cukup berhasil, terlihat dengan semangatnya anak-anak ini untuk diperiksa keadaan giginya masing-masing.Menjelang siang anak-anak dan masyarakat yang berobat semakin banyak berupa penumpatan gigi dan pembersihan karang gigi. Anak-anak sangat antusias untuk memeriksakan giginya karena takut sakit menjelang bulan puasa ramadhan. Kegiatan ini berakhir pk 11.30 dengan doa dan ucapan terima kasih dari pihak pesantren, dilanjutkan dengan pemberian tali asih dari pihak PDGI cabang Surabaya kepada pengelola pesantren dan juga langsung kepada para santri. Tampak pula beberapa sejawat dokter gigi yang turut serta berpartisiasi dalam memberikan tali asih.