Monday, 18-Dec-2017

Agenda PDGI

ARTICLE PDGI

10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Posted 2013-05-21 | ike Scorviano

Menjaga kesehatan gigi yang baik, bukan hanya tergantung pada menyikat gigi setiap hari saja lho.

Apel, bermanfaat buat gigi juga lho./ Foto: Istimewa

Apel, bermanfaat buat gigi juga lho./ Foto: IstimewaAnda pastinya berharap, seiring berjalannya usia, kesehatan gigi Anda bisa tetap terjaga, karena sedikit banyak hal ini akan mencerminkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan nantinya.

Nah, untuk menjaga kesehatan gigi yang baik, bukan hanya tergantung pada menyikat gigi setiap hari saja lho. Bahkan, beberapa nutrien serta vitamin lain juga penting dan diperlukan untuk menjaga kekuatan gigi, dan ini bisa kita dapatkan dari beberapa makanan dibawah ini, seperti dikutip dari Times of India:

Buah Apel

Apel disebut sebagian kalangan sebagai "sikat gigi alami". Buah ini membantu untuk merangsang gusi Anda, meningkatkan aliran air liur di mulut dan mencegah penumpukan plak saat membersihkan permukaan gigi. Ditambah lagi, apel sarat akan berbagai vitamin dan mineral. Cobalah mengonsumsi sebuah apel setelah makan malam, untuk membersihkan bagian interior gigi.

Seledri

Seledri adalah senjata terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengusir bakteri jahat dalam mulut Anda. Seledri sarat dengan berbagai manfaat kesehatan gigi. Saat Anda mengunyah seledri, ini membantu memproduksi air liur lebih banyak di mulut Anda, yang selanjutnya dapat mencegah produksi plak. Cobalah makan sepotong seledri sekali seminggu, jika Anda ingin menyikat gigi secara alami.

Dark chocolate, bikin suasana hati senang, gigi pun riang!/ Foto: Istimewa

Dark chocolate, bikin suasana hati senang, gigi pun riang!/ Foto: IstimewaKeju

Keju adalah pilihan yang sangat baik untuk membuat gigi Anda kuat dan sehat. Keju juga mengandung kasein, yang membantu dalam memperkuat permukaan gigi Anda. Oleh karena itu, jika gigi Anda rentan berlubang, mulailah mengunyah sepotong kecil keju untuk mencegah pembusukan.

Kakao

Kakao sebenarnya baik untuk gigi Anda. Kakao mengandung zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi serta pembusukan. Jadi, setelah mengalami hari yang melelahkan di tempat kerja, ambil sepotong dark chocolate, untuk mencerahkan suasana hati Anda sekaligus untuk mencegah kerusakan gigi!

Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C. Jumlah yang tepat dari vitamin C dalam tubuh membantu menjaga jaringan kolagen pada gusi Anda, mencegah infeksi pada gusi, mempercepat proses penyembuhan dan memperkuat gusi, yang pada akhirnya akan membantu dalam mencegah penyakit periodontal.

Bawang

Meskipun Anda mungkin khawatir napas Anda jadi tak sedap setelah makan bawang mentah, tapi manfaat yang ditawarkan luar biasa lho. Bawang secara alami dapat membantu membersihkan gigi dan mulut dengan mengusir bakteri berbahaya. Ini tentunya akan membantu dalam mencegah kerusakan gigi.

Biji Wijen

Benih-benih kecil ini kaya akan kalsium, yang membantu menjaga gigi Anda sehat dan kuat. Selain itu, biji wijen juga dapat melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi.

Minum susu dulu yah, biar tulang dan gigi tetap kuat./ Foto: Istimewa

Minum susu dulu yah, biar tulang dan gigi tetap kuat./ Foto: IstimewaBuah Pir

Buah pir kaya serat alami, dan ini membantu dalam memproduksi air liur tambahan pada mulut Anda. Pir juga memiliki efek netralisasi asam yang lebih besar pada permukaan gigi. Cobalah makan sebuah pir setiap hari, untuk menjaga permukaan gigi Anda tetap kuat dan sehat.

Susu

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Pilih susu skim atau rendah lemak untuk menjaga level kalori Anda. Selain itu, susu juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber yang baik untuk asam lemak omega-3 dan vitamin D. Cobalah mengonsumsi salmon setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga tak hanya tulang dan gigi, tetapi juga jantung Anda agar tetap sehat dan kuat!

 

Sumber Artikel : http://www.tnol.co.id